Senin, 25 Juli 2011

Bagaimana Mengatasi ‘Not Responding’ Program Pada Windows?

Bagaimana Mengatasi ‘Not Responding’ Program Pada Windows?

Mungkin anda pernah mengalami atau suatu saat akan mengalami dimana anda tidak dapat menghapus sebuah file di Windows. Windows memberikan pesan error bahwa ‘file access denied’ atau ‘File in user’. Apabila anda tidak dapat menghapus file tersebut atau menghentikan proses bahkan setelah restart/booting sekalipun. Maka berikut ini beberapa langkah untuk menghapus file dan menghentikan proses pada Windows.
Cara menghentikan/mematikan proses pada Windows
  1. Untuk manampilkan Windows Task Manager, tekan CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESC. Anda dapat juga membuka dengan cara klik tombol Start - Run, kemudian ketik taskmgr dan tekan OK
  2. Klik pada tab Processes dan akan tampil semua proses yang sedang aktif. Temukan proses sesuai namanya. Pilih dengan mouse atau keyboard, dan klik tombol End Process untuk mematikan proses.
Atau anda juga dapat mencoba Sophos Antirootkit untuk menghapus malicious process.
Bagaimana menghapus sebuah file yang malicious atau file yang tidak dapat dihapus?
Untuk menghapus malicious file atau file-file yang tidak dapat dihapus, apabila anda mengetahui nama atau bagiannya, anda dapat menuju Start - Search - All Files and Folders dan ketik nama file atau bagiannya pada kolom pencarian. Tentukan lokasi pencarian pada bagian drop-down Look in. Klik tombol Search. Umumnya anda akan temukan file yang diinginkan pada hasil pencarian.
Tetapi banyak malware/file yang merusak menyembunyikan file mereka, tetapi meski demikian anda tetap dapat menampilkan file tersembunyi dan file sistem yang terlindungi. Untuk melakukannya, buka Windows Explorer, klik pada menu Tools, pilih Folder Options.Pilih tab View dan dibawah Advanced Settings, temukan pilihan Show hidden files and folders dan pilih itu. Kemudian hilangkan tanda cawang pada Hide protected operating system files (Recommended)
Namun cara yang paling baik untuk menampilkan file-file yang tersembunyi adalah dengan menjalankan command Prompt. Klik pada tombol Start - Run dan ketik cmd. Tekan enter atau klik pada tombol OK. Ketik pada dir /A dan tekan ENTER. Ini akan menampilkan list semua file, termasuk file yang tersembunyi yang berada pada folder tersebut ().
Apabila anda menemukan malicious file / file yang merusak, anda tinggal delete/hapus melalui Windows Explorer atau program penghapus file lainnya. Kemudian empty the Recycle bin. Apabila tedapat error message mengatakan bahwa file is in use and cannont be removed, coba matikan proses yang masih berjalan dengan menjalankan langkah-langkah seperti diatas(Cara menghentikan/mematikan proses pada Windows), dan kemudian hapus file tersebut. Tetapi seringkali beberapa proses (termasuk proses program jahat/merusak) akan berjalan kembali setelah anda matikan. Jadi anda perlu melakukan booting ulang/reboot pada PC dan menjalankan pada proses Windows Safe Mode. Pada Windows Safe Mode, banyak proses yang tidak diaktifkan, sehingga anda dapat menghapus file jahat tersebut karena file tersebut belum sempat diaktifkan.
Kemungkinan lainnya, apabila suatu saat tidak memungkinkan untuk menghapus malicious file meskipun melalui Safe Mode. Beberapa malware yang canggih menggunakan integrated rootkit dan teknik khusus agar dapat mengunci file-file dan mencegahnya untuk dapat dihapus. Dalam kasus ini, disarankan untuk menggunakan tools khusus untuk menghapusnya. KillBox adalah salah satu tool yang didesain khusus untuk menghentikan proses file yang jahat dan merusak (harmful and malicious processes) dan juga sekaligus menghapus malicious file dan folder yang berisi malware.
KillBox biasanya digunakan untuk menghapus file yang sedang aktif, apabila file sedang berjalan, maka KillBox akan menghentikan prosesnya (menutup file yang sedang berjalan) dan menghapus file tersebut. Anda dapat mendownload KillBox secara gratis. Software ini tidak memerlukan instalasi. Cukup dobel klik untuk menjalankannya.
  1. Ketik path/lokasi file yang ingin anda hapus. Anda dapat menggunakan browse untuk memilih folder/file atau Drag & Drop sebuah file dari Windows Explorer ke KillBox Combobox.
  2. Pilih Standard File Kill dan klik Delete File yang ditandai dengan palang merah.
Apabila KillBox gagal menghapus file, disarankan untuk mengulangi langkah diatas dengan menjalankan Windows pada versi Safe Mode. Apabila file tetap tidak dapat dihapus dalam Safe Mode, ulangi proses penghapusan file, tetapi saat ini pilih Delete on Reboot, kemudian restart komputer anda. Pocket KillBox akan menghapus file anda waktu sistem Windows anda start up.
DOWNLOAD KILLBOX
Apabila saat membuka aplikasi KillBox anda mendapati pesan seperti “Component ‘MsComCtl.ocx’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid.” maka download dan jalankan dulu missingfilesetup.exe (file dapat didownload dibawah ini), kemudian jalankan kembali KillBox.
Attachment
Size

Tips dan Cara Mencegah, Memperbaiki dan Membuat Komputer Aman Dari Virus, Hacker dan Spyware -

Virus dan Spyware adalah gangguan pada komputer yang disebabkan oleh pihak eksternal dengan tujuan yang beragam seperti untuk mencuri data-data anda, merusak hardware anda, menghapus file, menghilangkan fungsi tertentu, mengambil alih kontrol pada komputer anda dan lain sebagainya. Yang pasti sangat langka atau mungkin tidak ada virus dan spyware yang membawa kuntungan pada komputer yang terinfeksi.

Virus dan spyware komputer bisa menyerang komputer anda baik yang sering online maupun yang tidak pernah online ke internet sekalipun. Komputer yang dihubungkan dengan disket atau usb flash disk pun bisa tertular dari software yang diinstall apabila tidak hati-hati. Jika telah terinfeksi suatu virus atau spyware yang hanya aktif bila komputer terhubung dengan internet, maka si virus atau spyware akan aktif ketika komputer sedang online.

Berikut ini adalah berbagai tindak pencegahan dan perbaikan pada komputer yang terkena virus atau spyware baik yang ringan maupun yang tingkat berat.

A. Pencegahan Agar Komputer Terhindar Virus dan Spyware

1. Hati-hati pada Attachment Email Anda
Jangan membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti email yang dikirim, apakah gaya e-mail sama dengan yang biasa dikirim. Terkadang email yang anda terima berasal dari orang sunda, tapi menggunakan bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.

2. Pasang / Install Software Keamanan Yang Terbaru
Pastikan komputer anda terinstall 3 jenis software keamanan utama dan terpasang dengan setting yang otomatis mengamankan komputer anda tanpa anda harus nyalakan terlebih dahulu. Mereka adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar. Untuk yang versi gratis dan bermutu bagus anda bisa menggunakan AVG antivirus untuk anti virus, Ad-Aware untuk antri spyware dan Zone Alarm untuk program firewall. Pastikan kesemuanya update / sudah terupdate dengan definition dan patch terbaru yang memperkecil peluang virus dan spyware varian baru melakukan infeksi pada komputer pc atau laptop anda. Jangan lupa pula untuk menjalankan scan pada komputer anda secara berkala untuk membunuh virus dan spyware yang baru menginfeksi.

3. Jangan Gegabah Menginstall Software
Hati-hati terhadap software yang anda isntall baik yang anda beli dari cd bajakan di toko-toko cd, dari download di internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang anda pasang tanpa anda sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting anda secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal anda tidak akan kehilangan data anda.

4. Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda
Jika komputer anda dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer anda. Anda dapat membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang anda dapat seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak anda duga bisa saja menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa anda gunakan.

5. Waspada Selalu
Jika anda merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada komputer anda segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan dengan baik dan semestinya. Apabila anda mendapatkan pertanyaan untuk menginstall software dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall anda.

B. Perbaikan Komputer Yang Terinfeksi Virus dan Spyware

1. Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network
Jika komputer anda terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan dan cabut bila perlu untuk memastikan 100% anda benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer anda sehingga seolah-olah anda sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.

2. Update dan Scan
Langkah pertama untuk perbaikan jika anda merasa ragu-ragu ataupun merasa yakin bahwa komputer anda terserang virs atau spyware adalah melakukan update. Update dapat dilakukan baik melalui download internet maupun secara offline jika anda memiliki filenya dari orang lain. Setelah terupdate dengan definition yang baru maka anda sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.

3. Aktif Pada Komunitas Mailing List / Forum Tentang Keamanan Komputer
Semakin anda banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka semakin banyak orang yang akan membantu anda jika anda sedang dalam masalah. Jangan takut dan ragu untuk menanyakan masalah yang anda hadapi biarpun masalah itu sepele. Gunakan nama samaran jika perlu. Di luar sana terdapat banyak orang yang mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan anda. Di samping itu anda mungkin akan mendapatkan tips jalan pintas, solusi, saran, dan sebagainya dari komunitas tersebut. Biasanya virus dan spyware yang terbaru juga dibahas pada komunitas tersebut.

4. Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar
Jika semua cara telah anda jalani dan tidak ada yang memberikan solusi yang memuaskan anda dapat mengambil jalan pintas terakhir, yaitu dengan memformat ulang hard disk anda. Pastikan data yang penting bagi anda sudah ada cadangannya pada medium lain yang tidak terinfeksi virus, spywre serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive anda dan install os dan prgram aplikasi yang biasa anda pakai. Setelah semua ok, maka copy kembali file-file penting anda pada komputer yang fresh tersebut.

5. Belajar Dari Kesalahan
Buka mata anda ketika menghadapi suatu persoalan dan pelajari dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan bahwa persoalan yang sama akan timbul dengan kuantitas yang lebih besar. Belajar tidak hanya dari masalah anda sendiri tetapi juga masalah orang lain bahkan yang anda tidak kenal sekali pun.(*/user)

Mengatasi Program Not Responding

Saat menggunakan komputer, beberapa program yang telah dibuka seringkali mengalami not responding. Hal ini, memperlambat jalannya program lain karena menunggu program tersebut ditutup. Apabila proses gagal, Anda harus membuka Task Manager dengan Ctrl+Alt+Del. Pasti akan membuat Anda jengkel. Akan lebih baik jika program yang not responding secara otomatis tertutup dengan cepat. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Buka Regitry Editor
  2. Pada window Registry Editor, klik HKEY_USERS > DEFAULT > ControlPanel > Desktop.
  3. Lihat entry AutoEndTasks pada window sebelah kanan Apabila entry tersebut tidak ada, maka Anda harus membuat terlebih dahulu dengan langkah klik kanan mouse di sebelah kanan, pilih New > DWORD Value dan beri nama AutoEndTasks.
  4. Klik dua kali entry tersebut, beri nilai 1 pada value Data.
  5. Klik Ok, refresh ( F5 ), serta tutup registry dan restart komputer.


Mengatasi error program not responding

Lagi asyik2nya klik kesana kesini, eh tiba-tiba layar monitor jadi putih, terus diatasnya ada tulisan Program not responding. Mousenya juga tak mau bekerja. Tak coba buka explorer eh gak muncul-muncul juga . Lama nungguin tu program tapi kayaknya gak ada tanda-tanda mo sembuh. Tak coba close aja eh malah gak karu-karuan. Duh sebelnya . Mungkin teman-teman juga sering mengalami kasus seperti saya ini. Kalo udah kayak gini pasti deh sekarang aq akan langsung tekan Ctrl+Alt+Del. Bim salabim munculah yang namanya Windows Taks Manager . Apaan ni????
Tenang-tenang gak usah panik. Ni program bawaan dari windows. Gunanya ni untuk monitoring proses-proses yang lagi kerja di komputer kita. Nah kalo udah disini bakal keliatan tu program bermasalah yang ada tulisan Not respondingnya tadi. Pada tab Applications klik nama program yang not responding dari daftar task manager terus klik End task. Tunggu sebentar lagi dijamin program yang error tadi bakalan ilang dari layar. He2 piss

Mengatasi aplikasi not responding dengan cepat dan mudah

Sulit untuk menutup aplikasi yang not responding melalui cara normal, yaitu menekan tombol close pada jendela sehingga user harus menggunakan task manager yang efektif dapat mengehentikan proses yang berjalan dibalik aplikasi tersebut. Namun penggunaan task manager cukup berisiko sehingga perlu ketelitian dalam seleksi, dan memilah proses yang dihentikan. Sebagai gantinya user dapat menggunakan aplikasi lain yang efektif, namun aman, salah satunya dikenal dengan nama Kill.
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cukup efektif, khususnya untuk menutup jendela aplikasi yang aktif pada windows, ketika anda menjalankan aplikasi Kill, cursor mouse regular akan berubah sehingga tampaklah sebuah tengkorak dan tulang bersilangan, terlihat seperti bendera bajak laut. Tekan tombol ctrl, sambil mengklik kiri mouse jendela aplikasi yang ingin ditutup, dan anda akan menghentikan behind process aplikasi tersebut, layaknya menggunakan task manager, dan mengehentikan proses.
Jika anda mengaktifkan icon jolly roger tanpa disengaja, tekan tombol esc untuk mengembalikan cursor anda ke kondisi semula.

mengatasi "program not responding"

My World
setelak kemaren posting tentang cara cepat mengatasi "aplikasi not responding" sekarang saatnya posting tentang masalah "cara mengatasi program not responding pada windows".. waaaaaaahhh,, pasti kesel kan kalo lagi asik2 nya maen komputer eehh,, tiba tiba ada tulisan program not responding.. hmm..  apalagi kalo itu ngganggu kita,, pas lagi enak enaknya chating ma doi,, eehhh malah "program not responding"...
nih sedikit pengalaman dari edy,, kemaren komputerku ngga biasanya kaya gini,, tiba tiba "program not responding" terus,, ampe puyeng nih pala.. setelah otak atik beberapa taun (menit dink ^_^) taraaa ternyata sekarang jadi jugaaaa,, ni aku kasih tutorialnya yaahh,, gampang kok..
  1. Buka Regitry Editor
  2. Pada window Registry Editor, klik HKEY_USERS > DEFAULT > ControlPanel > Desktop.
  3. Lihat entry AutoEndTasks pada window sebelah kanan Apabila entry tersebut tidak ada, maka Anda harus membuat terlebih dahulu dengan langkah klik kanan mouse di sebelah kanan, pilih New > DWORD Value dan beri nama AutoEndTasks.
  4. Klik dua kali entry tersebut, beri nilai 1 pada value Data.
  5. Klik Ok, refresh ( F5 ), serta tutup registry dan restart komputer. 
Komputer Not responding penyebabnya bisa bermacam - macam seperti : konflik, kekurangan memori, bug pada driver atau software atau terjadi general protection error.
1.         Pemecahan : Untuk menanganinya biasanya hanya dengan menekan CTRL - ALT - DEL atau merestart komputer. Program not responding biasanya hanya antri untuk diangkat ke memori.


2.         loe sering buat komputer bingung,,,,komputer lum selesai nampilin software yang loe klik,, loe dah pgn nge klik yg lain,,,trus jadi error,,,,
3.         Coba di rubah Virtual memorynya. cara merubahnya:
buka CONTROL PANEL.........SYSTEM..........
pada SYSTEM buka ADVANCE..... pada performance klik SETTINGS ( Visual efect,processor scheduling.......)akan Muncul PERFORMANCE OPTION.
Buka ADVANCE cari Virtual memory di bawah ..klik CHANGE..
Pilih CUSTOM SIZE: dua kolom yg putih itu ganti saja dg 2000-4000 ( dua duanya dibuat sama jangan beda)
setelah itu anda klik SET...,...tekan OK.
beres
4.         itu berarti virtual memory loe kecil. Selain disebabkan oleh virtual memory yg kecil bisa jg karena loe menjalankan beberapa program yg berat secara bersamaan.
5.         banyak juga............
1. Memory lo kurang besar choy......or terlalu banyak program yang udah lo instal....jd memory lo ketatz bangget....
2. Lo buka program terlalu banyak kale...????
3. Lo pake processor apa????
4. Mungkin lo instal themes2 yang lain ya?jadi agak hang getoh......
5. Lo suka pake internet download ya?kadang dia bikin lemod juga lho.......
.so...solusinya,,,,,,upgrade z tuh lo punya kom.....
or jalankan sesuai kemampuannya.....






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar